Minggu, 09 Juni 2013

Karya Wisata Bali

Hari ini tanggal 15 maret 2013 aku sangat senang sekali, karena hari ini aku dan teman-teman SMA N 7 Semarang akan study tour ke Bali. Aku sudah bangun pukul 6 pagi, aku sudah sampai di sekolahan. Sekitar jam 7 pagi, bus mulai berangkat menuju Bali. Kita makan siang di rumah makan Wahyu Utomo. Setelah makan siang, perjalanan dilanjutkan menuju Jawa Timur. Kita makan malam di rumah makan Bromo Probolinggo. Setelah makan malam, perjalanan akan dilanjutkan, tetapi sebelum perjalanan dilanjutkan guede kami memberi tahu kalau ada seorang siswa yang tertinggal dan sedang berada di Pasuruan yang tidak jauh dari Probolinggo. Setelah dia datang, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Ketapang. Setelah sampai di Pelabuhan Ketapang, kita harus menunggu selama kurang lebih 1 jam sebelum akhirnya naik kapal menuju Bali.
Setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, bus melaju menuju Soka Tanah Lot untuk transit, mandi dan makan. Setelah sarapan, berjalanan dilanjutkan ke tempat wisata pertama yaitu Tanjung Benoa. Di Tanjung Benoa, aku dan kesembilan temanku pergi ke Pulau Penyu yang berada di seberang Tanjung Benoa. Di Pulau Penyu, kita melihat berbagai ukuran penyu, dari penyu yang berukuran kecil maupun besar ada di sana. Setelah melihat-lihat penyu, kita kembali ke Tanjung Benoa untuk makan siang. Setelah makan, kita menuju Pantai Dreamland. Karena keterbatasan waktu, aku belum sempat menikmati pemandangan Pantai Dreamland. Perjalanan kembali berlanjut menuju Garuda Wisnu Kencana, di sana kita bisa melihat patung wisnu yang tingginya ± 23 meter, sayang patung tersebut belum jadi sepenuhnya. Setelah kita berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana, perjalanan berlanjut menuju rumah makan Kampung Kertalangu. Rumah makan tersebut memiliki suasana yang nyaman dan makanannya juga cukup enak. Setelah makan, menuju hotel untuk check in sekaligus beristirahat.
    Pagi hari setelah sarapan, rombomgan memulai perjalanan untuk melihat tari barong. Pertunjukan tari barong akan berlangsung selama ± 1 jam. Pementasan tarinya sangat keren, ceritanya juga menghibur meskipun cukup banyak lelucon yang jorok tapi tidak menghilangkan kesenanganku saat melihat tari barong. Setelah melihat tari barong, perjalanan berlanjut menuju Cah Ayu. Cah Ayu adalah tempat untuk membeli oleh-oleh khas Bali. Ketika berada di Pantai Sanur aku dan teman sekelasku memutuskan tidak turun dari bis, karena kecapekan. Setelah makan siang di dalam bus, kita meluncur menuju Sukowati. Di sana aku tidak banyak membeli oleh-oleh hanya beberapa pakaian untuk keluarga dan sahabatku. Setelah belanja di Sukowati, perjalanan dilanjutkan menuju Joger. Di Joger, aku hanya belanja untuk aku dan keponakanku saja. Lelah berbelanja, aku dan temanku pergi ke Pantai Kuta. Disana kami bersenang-senang, melihat pemandangan Pantai Kuta yang sangatlah indah. Kita lanjut menuju Mr. Kuta untuk makan siang, setelah itu kembali ke hotel untuk beristirahat.
Ini adalah hari terakhir study tour kita di Bali. Setelah check out dan sarapan, perjalanan pertama menuju Pura Luhur Tanah Lot. Di sana aku tidak masuk ke dalam Puranya, hanya duduk di luar Pura melihat ombak di Tanah Lot yang besar dan indah. Kita melanjutkan perjalanan menuju Danau Bedugul. Udara di Bedugul sangatlah dingin dan pemandangan di sana juga indah. Setelah makan siang di Bedugul, perjalanan berlanjut menuju Pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang ke Pelabuhan Ketapang. Perjalanan study tour ke Bali ini adalah perjalanan yang tidak akan  aku lupakan.